Senin, 15 Desember 2014

Silabus SMA Kurikulum 2013

Kurikulum yang akan diberlakukan nanti yang sekarang dikenal dengan kurikulum 2013 seperti diberitakan leh situs kemendiknas akan mengurangi beban guru dalam menyusun silabus, yang pada kurikulum sebelumnya yaitu KTSP guru diberi wewenang untuk menyusun silabus, pada kurikulum yang baru nanti guru tidak lagi akan terbebani dengan membuat silabus karena tugas tersebut sudah dibebankan kepada pemerintah. Seperti yang disampaikan pada situs kemendiknas berikut:
Pertama, terkait dengan penataan sistem perbukuan.
Lazim berlaku selama ini, buku ditentukan oleh penerbit, baik menyangkut isi maupun harga, sehingga beban berat dipikul peserta didik dan orang tua. Menyangkut isi, karena keterbatasan wawasan dan kepekaan para penulis, kegaduhan terhadap isi buku pun sering terjadi. Kejadian terakhir di Kabupaten Bogor pada buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 6 SD (Cerita porno, red).
Penataan sistem perbukuan dalam implementasi Kurikulum 2013 dikelola oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan dan substansinya diarahkan oleh tim pengarah dan pengembang kurikulum. Tujuannya agar isi dapat dikendalikan dan kualitas lebih baik. Selain itu, harga bisa ditekan lebih wajar (public awareness).
Kedua, penataan Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) di dalam penyiapan dan pengadaan guru.
Ketiga, penataan terhadap pola pelatihan guru
Pengalaman pada pelaksanaan pelatihan instruktur nasional, guru inti, dan guru sasaran untuk implementasi Kurikulum 2013, misalnya, banyak pendekatan pelatihan yang harus disesuaikan, baik menyangkut materi pelatihan maupun model dan pola pelatihan.
Momentum Kurikulum 2013 adalah hal yang tepat untuk melakukan penataan terhadap pola pelatihan guru termasuk penjenjangan terhadap karir guru dan kepangkatannya.
Ke depan, sedang disiapkan konsep yang terintegrasi antara jenjang karier dan kepangkatan dengan penilaian profesi guru. Selama ini keduanya terpisah.Yogyakarta—Perubahan mendasar pada kerangka kerja penyusunan kurikulum 2013adalah terkait tata kelola pada satuan pendidikan dan peran guru. Jika pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), satuan pendidikan dan guru diberikan kewenangan menyusun silabus maka pada kurikulum 2013 beban tersebut ditanggung oleh pemerintah.
Berikut kumpulan lengkap Silabus SMA Kurikulum 2013 kelas X, XI dan XII  yang bisa didownload: :
WAJIB A :
BAHASA INDONESIA :
PPKN :
SEJARAH :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar